My Data

Rabu, 14 September 2011

Laporan PKl Sudah Jadi dari Hidayat




LAPORAN PRAKRIN/SPG
SMK MUHAMMADIYAH
TEKNIK KOMPUTER JARINGAN
20 JUNI-20 AGUSTUS


Disusun Oleh:
  1. Hidayat .Kuprihanto



MAJELIS PENDIDIKAN DASAR DAN MENENGAH
SMK MUHAMMADIYAH MARGASARI
KABUPATEN TEGAL
TAHUN 2010/2011
Alamat : Jl. Raya Barat Margasari Kab. Tegal
Tlp. (0283) 3466400, Fax (0283) 34466433
Email : smkmuhmgs@yahoo.com website : smkmuhmgsblogspot.com






PENGESAHAN

            Karya tulis ini telah di setujui oleh pembimbing bahasa dan pembimbing materiPraktek Keja Industri/PSG serta di sahkan oleh kepala SMK Muhammadiyah Margasari, tahun pelajaran 2010/2011 pada :

Hari                  :
Tanggal            :




Mengetahui
                                                           
Pimpinan Instansi


Abdul Ghofar  S.T
Pembimbing Prakrin/SPG


Rudi Setyo Ananto  S.kom







                                                                       


Mengesahkan ,
Kepala SMK Muhammadiyah Margasari


H. Aly Ma'muri BA





PERSEMBAHAN


            Karya tulis ini, penulis persembahkan kepada    :
Ø      Bapak/ Ibu tercinta.
Ø      Bapak kepala sekolah smk muhammadiyah margasari.
Ø      Bapak & ibu guru di SMK Muhammadiyah Margasari.
Ø      Adik-adik kelasku semuanya
Ø      Pimpinan beserta Kariyawannya
Ø      Semua pihak yang  telah membantu tersusunnya karya tulis ini.
























MOTTO


Ø      All is not  Gold that Gliters
Ø      All the world is Stage
Ø      A man in debt is like a fish caught in  the net
Ø      Better do then more





















KATA PENGANTAR

            Puji dan syukur penulis panjatkan kehadirat Allah swt yang telah melimpahkan rahmat dan hidayahnya sehingga penulis dapat menyelesaikan karya tulis ini dengan baik.
            Karya tulis ini dibuat untuk memenuhi syarat mengikuti naik ke kelas XII, tahun Pelajaran 2010/2011 di SMK Muhammadiyah Margasari.

            Penulis berterima kasih kepada :
1.      Allah swt yang telah memberikan karunia – Nya kepada kami
2.      Bapak H. Aly Ma’muri BA selaku kepala SMK Muhammadiyah Margasari.
3.      Bapak/Ibu guru pembimbing yang telah memberikan bimbingan, masukan, dan dorongan.
4.      Kedua orang tua yang tidak henti-hentinya memberikan yang terbaik.
5.      Pihak yang telah membantu membuat karya tulis ini.


Penulis menyadari bahwa pembuatan karya tulis ini masih belum sempurna, untuk itu
penulis bersedia menerima kritikan dan saran yang bersifat membangun.
Semoga karya tulis ini bermanfaat bagi para pembaca terutama di kalangan pelajar.











DAFTAR ISI


HALAMAN JUDUL                         …………………………………………………
HALAMAN PENGESAHAN           …………………………………………………
HALAMAN PERSEMBAHAN        …………………………………………………
HALAMAN MOTTO                       …………………………………………………
KATA PENGANTAR                       …………………………………………………
DAFTAR ISI                                      …………………………………………………

BAB    I           PENDAHULUAN     
1.1  Latar belakang     ………………………………………………….1
1.2  Tujuan penulisan  ………………………………………………… 2
1.3  Manfaat…………………………………………………………….3
1.4  Metode pengumpulan data…………………………………………4
BAB    II         Gambaran umum DU/DI
                        2. Gambaran Umum Tempat Prakrin…………………………………...5
                        2.1 Visi, Misi, dan Motto Tempat Usaha………………….…………..6
                        2.2 Produk Layanan Tempat Usaha…………………………..………..7
                        2.3 Personalia pusat  Tempat Usaha……………….…………………..8
                        2.4 Kualifikasi pendidikan karyawan…………………………………..9
BAB    III        Jaringan Komputer
3 Sejarah singkat Jaringan Komputer …………………….……….........10.
3.1 Gambaran Umum Jaringan dan Hadware di tempat Prakrin………...11                                            
3.1.2  Gambar/Skema Jaringan…………………………………………..12
                        3.1.3 Nama IP adrress, Computer Name………………………………..13
                        3.1.4. Hardware dan software yang digunakan ditempat tersebut………14
                        4. Kegiataan Di Tempat Prakrin…………………………………………15
                        4.1 Menginstal windows yang error……………………………………..16
                        4.2 Merakit PC…………………………………………………………..17
                        4.3 Menkoneksikan komputer…………………………………………..18

BAB    IV        PENUTUP
                        4.1 Kesimpulan          ……………………………………………………19
                        4.2 Saran                    ……………………………………………………20

DAFTAR PUSTAKA
LAMPIRAN




























BAB I
PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang

Praktek Kerja Indutri (PRAKERIN) adalah suatu bentuk penyelenggaraan dari sekolah yang memadukan secara sistematik dan sinkron antara program pendidikan di sekolah dan program pengusahaan yang diperoleh melalui kegiatan bekerja langsung di dunia kerja untuk mencapai suatu tingkat keahlian profesional. Dimana keahlian profesional tersebut hanya dapat dibentuk melalui tiga unsur utama yaitu ilmu pengetahuan, teknik dan kiat. Ilmu pengetahuan dan teknik dapat dipelajari dan dikuasai kapan dan dimana saja kita berada, sedangkan kiat tidak dapat diajarkan tetapi dapat dikuasai melalui proses mengerjakan langsung pekerjaan pada bidang profesi itu sendiri. Pendidikan Sistem Ganda dilaksanakan untuk memenuhi kebutuhan tenaga kerja yang profesional dibidangnya. Melalui Pendidikan Sistem Ganda diharapkan dapat menciptakan tenaga kerja yang profesional tersebut. Dimana para siswa yang melaksanakan Pendidikan tersebut diharapkan dapat menerapkan ilmu yang didapat dan sekaligus mempelajari dunia industri. Tanpa diadakannya Pendidikan Sistem Ganda ini kita tidak dapat langsung terjun ke dunia industri karena kita belum mengetahui situasi dan kondisi lingkungan kerja.
Ada beberapa peraturan tentang Paktek Kerja Industri (PRAKERIN) dan putusan Menteri. Adapun peraturan Praktek Kerja Industri(PRAKERIN) adalah sebagai berikut :

1. Tercantum pada UU. No. 2 tahun 1989 tentang Pendidikan Nasional yaitu untuk menyiapkan peseta didik melalui kegiataan bimbingan, pengajaran, dan/atau latihan bagi peranannya di masa yang akan datang.
2. Peraturan Pemerintah No. 29 tahun 1990 tentang Pendidikan Menengah yang bertujuan meningkatkan kemampuan peserta didik sebagai anggota masyarakat dalam mengadakan hubungan timbal balik dengan lingkungan sosial, budaya, alam sekitar, dan meningkatkan pengetahuan peserta didik untuk melanjutkan pendidikan pada jenjang yang lebih tinggi dan untuk mengembangkan diri sejalan dengan perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) serta kebudayaan;
3. Peraturan pemerintah No. 39 tahun 1992 tentang peran serta masyarakat dalam Pendidikan Nasional; serta
4. Keputusan Menteri No. 0490/1993 tentang Kurikulum SMK yang berisi bahwa “Dalam melaksanakan pendidikan dilaksanakan melalui dua jalur yaitu Pendidikan didalam sekolah dan Pendidikan diluar sekolah”.
1.2 Tujuan
Tujuan Praktek Kerja Industri (PRAKERIN) adalah sebagai berikut :
1. Diharapkan dapat menambah wawasan dan pengetahuan yang berharga, dan memperoleh masukan serta umpan balik guna memperbaiki dan mengembangkan kesesuaian pendidikan dan kenyataan yang ada di lapangan.
2. Meningkatkan pengetahuan siswa pada aspek-aspek usaha ayng professional dalam lapangan kerja antara lain struktur organisasi, jenjang karir dan teknik.
3. Untuk mencapai Visi dan Misi Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 1 Sentani.
4. Mengimplotasikan antara pendidikan disekolah dan diluar sekolah.
1.3 Manfaat
Adapun manfaat dari Praktek Kerja Industri (PRAKERIN) manfaatnya adalah sebagai berikut :
1. Dapat mengenali suatu pekerjaan industri dilapangan sehingga setelah selesai dari Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 1 Sentani dan terjun kelapangan kerja industri dapat memandang suatu pekerjaan yang tidak asing lagi baginya.
2. Dapat menambah keterampilan dan wawasan dalam dunia usaha yang professional dan handal.
3. Untuk mengasahketerampilan yang telah diberikan disekolah dan juga sesuai dengan Visi dan Misi Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Muhammadiyah Margasari
1.4 Metode Pebgumpulan Data
Laporan / karya tulis ini di susun dengan metode            :
  1. Observasi
Yaitu dengan cara mengambil dan mengunjungi secara langsung.
  1. Metode Literatur
Penulis memperoleh data yang di butuhkan dengan cara membaca dan mencari buku-buku serta situs internet yang ada kaitannya dengan karya tulis.







                                                             BAB II
                                              JARINGAN KOMPUTER


2.1.    Sejarah Singkat Jaringan Komputer


Internet telah membuat revolusi dunia komputer dan dunia komunikasi yang tidak pernah diduga sebelumnya.Penemuan  telegram, telepon, radio, dan komputer merupakan rangkaian kerja ilmiah yang menuntun menuju terciptanya Internet yang lebih terintegrasi dan lebih berkemampuan dari pada alat-alat tersebut. Internet memiliki kemampuan penyiaran ke seluruh dunia, memiliki mekanisme diseminasi informasi, dan sebagai media untuk berkolaborasi dan berinteraksi antara individu dengan komputernya tanpa dibatasi oleh kondisi geografis.
          Internet merupakan sebuah contoh paling sukses dari usaha investasi yang tak pernah henti dan komitmen untuk melakukan riset berikut pengembangan  infrastruktur teknologi informasi.  Dimulai dengan penelitian packet switching (paket pensaklaran), pemerintah, industri dan para civitas academica telah bekerjasama berupaya mengubah dan menciptakan teknologi baru yang menarik ini. Hari ini, kata-kata seperti "bleiner@computer.org" dan "http://www.acm.org" sudah menjadi kebiasaan yang mudah diucapkan orang di jalanan

     Penemuan Internet
Sebuah rekaman tulisan yang menerangkan bahwa interaksi sosial dapat dilakukan juga melalui sebuah jaringan komputer terdapat pada seri  memo yang ditulis oleh J.C.R. Licklider dari  MIT (Massachuset Institut of Technology) pada bulan Agustus tahun 1962. Dalam memo tersebut diuraikan konsep "Galactic Network"nya. Dia memiliki visi sebuah jaringan komputer global yang saling berhubungan dimana setiap orang dapat akses data dan program secara cepat dari tempat manapun.  Semangat konsep tersebut sangat sesuai seperti internet yang ada sekarang. Licklider adalah pimpinan pertama riset program komputer dari projek DARPA, 4 yang dimulai bulan Oktober 1962. Selama di  DARPA dia bekerjasama dengan Ivan Sutherland, Bob Taylor, dan seorang peneliti MIT,  Lawrence G. Roberts. Leonard Kleinrock di MIT mempublikasikan tulisanya berjudul " The first paper on packet switching theory"  dalam  bulan July 1961 dan "The first book on the subject" di tahun 1964. Kleinrock sepaham dengan Roberts dalam teori
kelayakan komunikasi mempergunakan sistem paket data dari pada hanya mempergunakan sebuah rangkaian elektronik.  Teori ini merupakan cikal bakal adanya jaringan komputer. Langkah penting lainnnya adalah membuat komputer dapat berkomunikasi secara bersama-sama. Untuk mmebuktikan hal ini, pada tahun 1965, Roberts
 bekerjasama dengan Thomas Merrill,  menghubungkan komputer TX-2 yang ada di Mass dengan komputer Q-32 yang ada di  California dengan mempergunakan sebuah saluran dial-up berkecepatan rendah. Ini merupakan sebuahjaringan komputer pertama  yang luas yang pernah dibuat untuk pertama kalinya meski dalam skala kecil.  Hasil dari  percubaan ini  adalah bukti bahawa pengunaan waktu dalam komputer-komputer tersebut dapat bekerja dengan baik,menjalankan program dan mengambil atau  mengedit data  seperti yang biasa dilakukan pada sebuah mesin dengan  remote control, namun rangkaian saklar system telepon kurang mendukung percobaan ini. Hipotesis  Kleinrock tentang diperlukannya sebuah program paket pensaklaran terbukti.
Pada tahun 1966 Roberts pergi ke DARPA untuk mengembangkan konsep jaringan komputer dan dengan cepat merumuskan rencananya untuk ARPANET, yang dipublikasikan pada tahun 1967.  Pada saat konferensi dimana dia harus mempresentasikan makalahnya tentang konsep paket dalam jaringan komputer, dalam konferensi tersebut juga ada sebuah makalah yang berhubungan dengan konsep paket pada jaringan komputer dari Inggris yang ditulis oleh Donald Davies dan Roger Scantlebury dari NPL. Scantlebury mengatakan pada Roberts tentang riset yang dilakukan  NPL sebaik seperti yang dilakukan oleh Paul Baran dan lainnya di RAND. RAND group telah menulis sebuah makalah berjudul " paper on packet switching networks for secure voice" di lingkungan militer pada tahun 1964. Penelitian-penelitian tersebut dilakukan bersamaan oleh kelompok peneliti MIT, NPL dan RAND. Sedangkan para penelitinya tidak mengetahui apa yang dilakukan oleh kelompok peneliti lainnya. Kelompok peneliti MIT bekerja dalam kurun waktu 1961-1967, kelompok RAND bekerja dalam kurun waktu 1962-1965, dan kelompok NPL bekerja  antara tahun 1964-1967. Kata paket telah diadopsi dari hasil kerja kelompok NPL dan diusulkan dipergunakan dalam  saluran komunikasi data ARPANET, sehingga komunikasi data di dalam projek ini diubah dari 2.4 kbps menjadi 50  kbps. 5
Dalam bulan Agustus tahun 1968, setelah Roberts dan penyandang dana projek  DARPA merevisi semua struktur dan spesifikasi ARPANET, sebuah RFQ dirilis  DARPA untuk pengembangan salah satu komponen kunci, paket  pensakalaran yang disebut Interface Message Processors (IMP's). RFQ telah dimenangkan dalam bulan Desember1968 oleh sebuah group yang dipimpin oleh Frank Heart dari Bolt Beranek and Newman (BBN). Sebagai tim dari BBN yang mengerjakan  IMP's, Bob Kahn memerankan peran utama dalam desain arsitektur  ARPANET.    Topologi dan ekonomi jaringan didesain dan dioptimasi oleh  Roberts bersama Howard Frank dan timnya dari
Network Analysis Corporation. Pengukuran  sistem jaringan dilakukan oleh tim pimpinan  Kleinrock di UCLA. 6 Karena awal dilakukannya pengembangan teori paket  pensaklaran oleh Kleinrock, dan juga adanya perhatiannya yang serius pada analysis, design dan pengukuran, maka Network Measurement Center yang dibangun Kleinrock di UCLA telah terpilih sebagai node pertama projek ARPANET. Ini terjadi dalam bulan September tahun 1969 ketika  BBN memasang IMP pertama di UCLA dan host komputer pertama telah tersambung. Projek Doug Engelbart yang   menggarap "Augmentation of Human Intellect" (didalamnya terdapat NLS, sebuah system hypertext pertama) di Stanford Research Institute (SRI) kemudian dikembangkan menjadi node kedua. SRI mendukung  Network Information Center,  dipimpin oleh Elizabeth (Jake) Feinler dan berperan sebagai pemelihara table nama host ke address mapping sesuai dengan direktori  RFC's. Sebulan kemudian, pada saat SRI telah tersambung ke ARPANET, pesan pertama dari host ke host telah dikirimkan dari laboratorium Kleinrock ke SRI. Dua node lainnya segera dibangun di  UC Santa Barbara dan University of Utah. Dua node terakhir ini membuat projek aplikasi visual, dengan Glen Culler dan Burton Fried di UCSB bertugas mencari metoda-metoda untuk menampilkan fungsi-fungsi matematika mempergunakan "storage displays" agar dapat menjawab "problem of refresh" yang terjadi dalam jaringan. Robert Taylor dan Ivan Sutherland di Utah bertugas  mencari metoda-metoda penampilan 3-D dalam jaringan. Sehingga pada akhir tahun 1969, empat komputer host telah tergabung bersama dalam inisial ARPANET, maka cikal bakal Internet telah lahir.
Komputer banyak yang disambungkan ke ARPANET pada tahun-tahun  berikutnya dan tim bekerja melengkapi fungsi Host-to-Host protocol dan software jaringan komputer lainnya. Di bulan Desember tahun 1970, the Network Working Group (NWG) bekerja dibawah pimpinan S. Crocker menyelesaikan inisial ARPANET Host-to-Host protocol, dan disebut  Network Control Protocol (NCP). ARPANET secara lengkap mempergunakan NCP
selama periode 1971-1972 dan para pengguna jaringan komputer akhirnya dapat mulai melakukan pengembangan  aplikasinya.
Dalam bulan Oktober tahun 1972, Kahn telah mengorganisasikan sebuah demonstrasi besar dan sukses  ARPANET di International Computer Communication Conference (ICCC). Ini merupakan untuk pertama kalinya diperkenalkan  ke masyarakat. Dalam demo ini juga diperkenalkan inisial "hot" aplication, electronic mail (email). Dalam bulan Maret, Ray Tomlinson dari BBN membuat program penulisan pesan email, pengiriman dan  pembaca pesan email pertama. Hal ini dilakukan atas dorongan kebutuhan ARPANET akan sebuah mekanisme koordinasi yang mudah. Dalam bulan July, Roberts mengembangkan utilitynya dengan membuat program email utility pertama ke dalam daftar, pemilihan untuk pembacaan, file, meneruskan (forward), dan memberikan jawaban sebuah pesan. Dari   penemuan ini maka email merupakan aplikasi yang paling banyak dipergunakan dalam jaringan komputer selama  beberapa dekade

2.2 Jaringan,Hardware, Software di Tempat Prakrin/SPG
2.2.1 Gambar/Skema Jaringan
Topologi yang di gunakan  Di Dizza.Net aadlah Topologi BUS
2.2.2        Nama IP adrress, Computer Name
Computer name Server dan IP address Server :SERVER-937C35D3
Client 1: Dizza-Home-A674E236781278, 192.168..1.101
Client 2: Dizza-Home-B674E236781278, 192.168..1.102
Client 3: Dizza-Home-C674E236781278, 192.168..1.103
Client 4: Dizza-Home-D674E236781278, 192.168..1.104
Client 5: Dizza-Home-E674E236781278, 192.168..1.105
Client 6: Dizza-Home-F674E236781278, 192.168..1.106
Client 7: Dizza-Home-G674E236781278, 192.168..1.107
Client 8: Dizza-Home-H674E236781278, 192.168..1.108
Client 9: Dizza-Home-I674E236781278, 192.168..1.109
Client 10: Dizza-Home-J674E236781278, 192.168..1.110
Nama Worgroup: Workgroup-768KL
2.2.3        Peralatan dan bahan,tipe,Merk pada jaringan
Merk Monitor LCD: Philips, Advan.dll
Merk CPU Dula Core: Merk Asus,zip,suncase
Kabel UTP dengan konektor RJ-45
Merk UPS: Flazer
Merk Stabiliser: Shasugi
Merk Modem Reuther: TP_Link tipe TD-9817
Merk Switch: TP-Link untuk 16 Port 10/100 M
Hardisk: AMD 320 Gb
Kapasitas RAM 1014MB
VGA SATA: RTL8192DE-VC :5 Ghz\
Processor intel atom
Topologi BUS
2.2.4        Software Jaringan
1. Billing Explore Ver Deskpro6 2007 F.)(s Security#6 Edition berfungsi mengontrol Client
2. Deeprezee: Mencegah segala macam bentuk perubahan baik setting system perubahn struktur folder/data pada drive (Partisi) yang kita ingimkan biasanya sytem Drive CK, baik yang disebbkan olrh virus atau pengguna itu sendiri
3. Antivirus ESET SMART SECURITY4. Intel Grapich Media Accelator drive: Media akselerasi untuk bekerja di procesor
5. Mozila firefox, Gogglecrome, Opera: Sebagai Search Engine
6. Software Print Canon IP900
7.Realtek High Definition Audio Driver: sSebagai Pengatur audio
8.Microsoft Office 2007
3.1 Kegiataan Di Tempat Prakrin
3.3.1 Menginstal windows  XP
-Masukan CD
-Setelah muncul tampilan yekan sembarang tombol (press any key)
-Setelah selesai tekan enter untuk instal
-Tekan R untuk Repair
-Selanjautnya Tekan F3, Keluar atau tekan (quit)
-Halaman persetujuan: Tekan F8 -  I aggree
-Kalau partisi belum dibagi tekan tombol  C, Enter untuk melewatinya
- Tampilan selanjutnya da 4 pilihan tipe format pilih NTFS mode quick, Tekan enter
-Booting, Next
-Mengisi nama, Organisasi, Next
-Masykan serial Number, Next
-Masuakn password
-Pilih daerah waktu, Masukan Zona waktu +0.700 Next
 -Muncul tampilan resolusi VGA, Tekan OK, Pilih Skip untuk melewati
-Egister Pilih No  at this time, Finish    
3.3.2 Mengetaahui hardwre di komputer server dan client
1)                  Pada server
a)      Hardware
-         Processor  Intel atom
-         Memory RAM 2,48 GB
-         HDD 120 GB
-         Monitor LG 17”
-         UPS APC AVR 600
-         DVD R/ DVD RW
b)      Software
-         Sistem Operasi LINUX
-         Microsoft XP SP2

2)      Pada client
a)      Hardware
-         Processor Intel ® atom
-         Memory RAM 512 GB
-         HDD 80 GB
-         Monitor LG 15”
-         UPS APC AVR 600
b)      Software
-         Microsoft Windows XP SP2

3.3.3 Menkoneksikan komputer

Jaringan komputer dapat terbentuk karena adanya :
1.      Perangkat-perangkat jaringan komputer, yang terdiri dari :
a.       Kartu Jaringan (LAN Card)
   Sebuah kartu jaringan yang dipasang pada slot ekspansi pada sebuah motherboard komputer (server maupun workstation), Kini NIC sudah terintegrasi didalam metherboad, sehingga komputer dapat dihubungkan kedalam sistem jaringan.
Berikut ini adalah beberapa jenis-jenis NIC
No.
Vendor
Tipe
1
3 COM
3C 501
3C 503
3C 523/MC
3C 579
3C 509b
3C fast Ethernet
3C 689
2
COMPAQ
Netflax 16 ISA
Netflax 32 PCL
3
IBM
IBM 16/4 Adapter
IBM Token Ring
MCA
4
INTEL
Intel 16 MCA
Intel Pro 100/10
Intel Token Ring
5
MAGDE
Magde 16/4 MC
Magde 16/4 PCL
6
NOVELL
NE 1000
NE 2000
7
XRICOM
CE-10
CEM.28.8
Tabel 4.1. Tipe-tipe NIC (Network Interface Card)

b.      Hub
    Hub adalah peralatan yang berfungsi sebagai penghubung peralatan jaringan ke peralatan jaringan lainnya. Hub juga merupakan pembagi sinyal data bagi network interface card (NIC) dan sekaligus sebagai penguat sinyal.
http://3.bp.blogspot.com/_pQ8INPITyNQ/SbE1_WwqSVI/AAAAAAAAALk/orzOGkfxos0/s200/SwitchHub.bmp
 




                                         Gambar.4.1. Hub dengan 8 port  
Sumber : Jim Geier
c.       Kabel Jaringan dan Konektor
     Kabel jaringan merupakan media penghubung antara komputer
dengan komputer lain atau dengan peralatan jaringan lain yang digunakan dalam membentuk jaringan. Kabel jaringan yang digunakan adalah kabel UTP dan konektor RJ-45.
 





                                          
       Gambar 4.2.a. Gambar konektor RJ-45
Sumber : Jim Geier
 

                                           Oranye Putih
                                           Oranye
                                           Hijau Putih
                                           Biru
                                           Biru Putih                             
                                           Hijau
                                           Coklat Putih
                         Coklat
Gambar 4.2.b. Kabel UTP
Sumber : Jim Geier

d.                                                 Router
        Router merupakan suatu alat atau program aplikasi yang berfungsi menentukan pada titik mana suatu paket data harus diteruskan ke jaringan yang lain. Fungsi utama router adalah me-routing-kan paket-paket data dengan suatu segmen jaringan yang berbeda. Pada hubungan jaringan yang lebih global seperti internet, diperlukan adanya router. Router dapat menentukan jaringan mana yang berhak mengakses suatu paket data yang diberikan oleh router tersebut. Apabila jaringan menggunakan akses internet dengan kecepatan tinggi seperti ADSL (Asymetric Digital Subsciber Line) router dapat berfungsi ganda, salah satunya adalah sebagai firewall.
 
















Gambar 4.3. Gambar Prinsip kerja router jaringan
Sumber : JM. Zacharias

e.                                                  Repeater
    Fungsi utama repeater adalah untuk memperkuat sinyal. Sinyal yang diterima dari satu segmen kabel LAN ke segmen LAN berikutnya akan dipancarkan kembali dengan kekuatan sinyal asli pada segmen LAN pertama, sehingga dengan adanya repeater ini, jarak antara dua jaringan komputer dapat diperluas. Di samping itu, repeater dapat memperkecil noice pada sinyal transmisi yang datang.

   Tujuan agar sinyal mencapai tujuan :
1.                         Time delay untuk mencapai tujuan.
2.                         Biaya transmisi
3.                         Kapasitas bandwith dari data transfer




Gambar 4.4. Gambar repeater
f.                                                   Gateway
    Gateway adalah sebagai pintu/gerbang untuk msuk ke suatu jaringan pada internet. Hubungan antara dua LAN yang paling rumit adalah gateway. Contohnya apabila ada suatu komputer yang ingin terkoneksi oleh internet atau terkoneksi dengan komputer lain maka sic komputer itu harus memasukkan IP gateway nya, jadi komputer harus melewati gerbang utama pada jaringan internet atau yang lain.
g.                                                  Moden Eksternal
    Modem merupakan kependekan dari Modulator Demulator. Alat ini memungkinkan PC, mini komputer, atau mainframe untuk menerima dan mengirimkan paket data dalam bentuk digital melalui saluran telepon. Modem digunakan untuk menghubungkan PC dengan internet. Modem digunakan untuk menghubungkan PC dengan internet. Modem eksternal biasanya terletak didalam case tersendiri, menggunakan power suplly terpisah, dan pada umumnya menggunakan adaptor. Modem eksternal tersambung pada komputer menggunakan kabel serial yang terkoneksi pada port serial di bagian belakang PC
2.                                    Protokol Jaringan
       Salah satu protokol jaringan yang sering digunakan adalah TCP/IP (Transmission Control Protokol/Internet Protokol) . TCP/IP adalah sebagai protokol jaringan yang universal terutama pada internet, dan  mempunyai kemampuan jaringan yang sangat baik. TCP/IP terdiri atas sekumpulan protokol yang masing-masing bertanggung jawab atas bagian-bagian tertentu dari komunikasi data. Protokol ini merupakan komunikasi utama dalam internet serta intranet. Protokol ini memungkinkan sistem apapun yang terhubung kedalamnya bisa berkomunikasi dengan sistem lain tanpa harus memperdulikan bagaimana remote system yang lain tersebut bekerja.
3.                      IP  Address
                 IP address adalah suatu alamat yang diberikan ke peralatan jaringan komputer untuk dapat didefenisikan oleh komputer yang lain. Dengan adanya IP address, masing-masing komputer dapat melakukan proses tukar-menukar data/informasi, mengakses internet, atau mengakses ke suatu jaringan komputer dengan menggunakan protokol TCP/IP. IP address in dikelompokkan dalam kelas-kelas. Konfigurasi TCP/IP di PT. Perkebunan Nusantara III (Persero) menggunakan IP kelas C, dengan IP address 192.168.2.1 sampai dengan 192.168.2.240, dari IP address ini juga dapat diketahui bahwa jaringan LAN pada Kantor Direksi PTPN III memiliki 240 unit client.
4.      SubnetMask
      Setiap jaringan TCP/IP memerlukan nilai subnet yang dikenal sebagai subnet mask atau address mask. Nilai subnet mask memisahkan network id dengan host id. Subnet mask diperlukan oleh TCP/IP untuk menentukan apakah jaringan yang dimaksud adalah jaringan local atau non local. Untuk jaringan non local berarti harus mentransmisi paket data melalui sebuah router. Dengan demikian diperlukan address mask untuk menyaring IP address dan paket data yang keluar masuk jaringan tersebut.
      Network ID dan host ID di dalam IP address dibedakan oleh pengguna subnet mask. Masing-masing subnet mask merupakan pola nomor 32-bit yang merupakan bit grups dari semua angka satu (1) yang menunjukan network ID, dan semua angka nol (0) menunjukkan host ID dari porsi IP address.
Sebagai contoh, misalnya alamat class B : 170.203.93.5, maka bilangan binernya adalah : 10101010 11001011 1011101 00000101.
Subnet mask default untuk alamat class B adalah :
11111111 11111111 00000000 00000000       
Atau bisa ditulis dalam notasi desimal : 255.255.0.0

Kelas IP Address
Bit Subnet
Subnet Mask
A
11111111 00000000 00000000 00000000
255.0.0.0
B
11111111 11111111 00000000 00000000
255.255.0.0
C
11111111 11111111 11111111 00000000
255.255.255.0
Tabel 4.2. Subnet Mask untuk internet Address classes

5.      DNS (Domain Name Sistem)
     Domain Name System(DNS) adalah suatu sistem yang memungkinkan nama suatu host pada jaringan komputer atau internet ditranslasikan menjadi IP address. Dalam pemberian nama, DNS menggunakan arsitektur hierarki, yaitu :
1.      Root Level Domain : merupakan tingkat teratas yang ditampilkan sebagai tanda titik (.)
2.      Top Level Domain : kode kategori organisasi atau negara, misalnya: .com(dipakai untuk perusahan);  .edu(dipakai oleh perguruan tinggi) ; .gov(dipakai untuk badan pemerintah). Selain itu untuk membedakan pemakaian nama oleh suatu negara dengan negara lain digunakan tanda : .id(indonesia) ; .au(ausstralia).
3.      Second Level Domain      : merupakan nama untuk organisasi atau perusahaan, misalnya : microsoft.com ; yahoo.com dan lain-lain.
























BAB III
 Tempat DU/DI
3. Penjelasan Tempat prakrin/SPG
             Jaringan Internet sangat butuhkan pada zaman sekarang,di Dizza.net yang berada di Linggapura-Tonjong Depan MTS Yanuris menyediakan akses cepet internet termasuk juga game online, Pengetikan dan dibarengi pula dengan keramah tamahan pelayanan, berusaha menjadi yang terbaik
3.1.Logo Warnet Dizza.Net

3.2Visi dan Misi Warnet Dizza.Net
v     VISI
Membuat Pelanggan Puas dengan Layanan, senyum, sapa. Ramah tamah. Sopan satun
v     MISI
Ø      Ikut memfasilitasi Informasi umum
Ø      Memberikan Pelayanan Terbaik

  1. Produk Layanan Dizza.Net
v     Produk
Ø      Menerima Pembelian G-Cash (Voucher game online)
Ø      Pengprinan doc.
v     Layanan
§         Informasi
§         Data

  1. Personalia Dizza.Net
  • Kualifikasi Pendidikan Karyawan Dizza.Net
  • Kualifikasi Pendidikan terdiri atas System Perekrutan Karyawan Pustekkom
WNI , berusia 18-35 th.. Lulusan SMA/SMK Berkelakuan baik dengan keterangan catatan kepribadian baik, serta berbadan sehat dengan surat keterangan dokter.




























BAB IV
PENUTUP


4.1 Kesimpulan
            Kesimpulan yang diperoleh penulis dari hasil laporan Kerja Praktek (KP) antara lain :.
1.      Jaringan komputer dapat tercipta karena adanya perangkat-perangkat jaringan (berupa : kartu jaringan, hub, kabel jaringan dan konektor, router, repeater, gateway, modem eksternal), protokol jaringan, IP Address, SubnetMask, dan DNS.
2.      Jaringan komputer yang digunakan di Warnet jaringan LAN yang bertopologi star dan berbasis client/server.
3.      Dalam Jaringan menggunakan 1 (satu) unit server dengan sistem operasi linux dan client  menggunakan sistem operasi windows XP.
4.      Jaringan yang berbasis client/server artinya server dapat mengakses client, tetapi client tidak dapat mengakses server.  Itu terjadi karena adanya security yang membatasi hak akses setiap client.

4.2              SARAN
            Penulis menyadari keterbatasan pengetahuan dan pengalaman yang dimiliki, namun walaupun demikian akan mencoba memberi saran yang mungkin akan dapat membangun. Adapun saran tersebut antara lain :
a.       Dengan adanya program kerja praktek ini diharapkan terjadi hubungan kerja sama yang baik antara pihak SMK dengan perusahaan atau instansi tempat pelaksanaan kerja praktek
b.      Dalam penerimaan dan penempatan para siswa yang melaksanakan Kerja Praktek, hendaknya mempertimbangkan bidang yang sesuai dengan jurusan siswa, sehingga siswa dapat mengembangkan ilmu yang dimiliki juga dapat menambah pengetahuan.
c.       Bagi pegawai, dapatmemperkenalkan program aplikasi apa saja yang digunakan pada perusahaan, agar siswa yang melaksanakan Kerja Praktek dapat memahaminya.



 
LAPORANPELAKSANAAN PRAKTIK KERJA INDUSTRITAHUN PELAJARAN 2008/2009
MERAKIT PC INTEL CORE 2 DUO
Disusun Oleh :
 Nama:

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar