My Data

Minggu, 21 Agustus 2011

Realita kehidupan tentang Pengangguran


Kehidupan realita yang banyak saat ini adalah masalah pengangguran. Menempuh pendidikan tinggi saat ini bukan jaminan seseorang dapat mendapatkan pekerjaan. Seseorang harus memiliki keahlian atau skill nonformal yang didapatkan dari bangku kuliah atau SMA. Walupun seseorang memepunyai gelar sarjana dan mempunyai nilai akademik diatas rata-rata tapi seseorang itu tidak mempunyai skill dia belum tentu mendapatkan pekerjaan yang sesuai dengan pendidikan yang dia tempuh.

Banyak saat ini orang-orang bekerja bukan pada bidang yang mereka tempuh pada saat menempuh pendidikan. Itu menunjukan bahwa seseorang bukan hanya mnengandalkan nilai akademis yang tinggi, tetapi harus mempunyai skill. Walaupun tidak memungkiri bahwa nilai akademispun menjadi syarat utama. Saat ini pun tidak dipungkiri masih ada praktek kolusi didalam suatu perusahaan, seseorang bisa dengan mudahnya masuk kedalam suatu perusahaan dengan adanya koneksi orang dalam.


Dari banyaknya pengangguran, bisa juga menimbulkan dampak meningkatnya angka kriminalitas. Mereka menghalalkan segala cara untuk mendapatkan uang, walaupun membahayakan dan merugikan orang lain. Jadi tidak hanya pendidikan formal saja yang sangat penting, tetapi pendidikan nonformal juga sangat dibutuhkan untuk meningkatkan nilai jual seseorang dalam mencari pekerjaan. Pendidikan nonformal tidak harus ditempuh dengan kursus, tetapi dengan kita hanya membaca buku dan mengaplikasikannya itu bisa menambah wawasan dan skill seseorang.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar